STRATEGI BELAJAR MATEMATIKA

    A. Strategi Belajar Mengajar Matematika

                 Stategi Belajar Mengajar adalah kegiatan guru dalam pembelajaran yag dapat memberi kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang telah disampaikan. Dalam menjalankan tugasnya, setiap guru yang akan melaksanakan pembelajaran dikelas akan memilih strategi tertentu agar melaksanakan pembelajaran dikelas agar berjalan lancer dan hasilnya optimal. Setiap guru akan mempersiapkan strategi pembelajaran yang tepat.
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yag terjadi antara guru dan siswa. Sedangkan secara umum, strategi belajar mengajar mempunyai suatu garis – garis besar tindakan dalam suatu usaha mencapai hasil yang telah ditentukan. Strategi mengajar adalah seperangkat kebijaksanaan yang terpilih yang telah dikaitkan dengan faktor  yang menentukan strategi pembelajaran mengajar antara lain :
a.    Pemilihan materi (guru dan murid)
b.   Penyajian materi pembelajaran (perorangan atau belajar mandiri
c.    Cara penyampaian materi (indktif atau deduktif, analitis atau sintetis, formal atau non formal
d.  Sasaran penerima materi pembelajaran (kelompok, perorangan, heterogen atau homogen)
Tujuan pembelajaran antara lain :
a.    Aspek Kognitif : Pengenalan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
b.  Afektif : penerimaan akan sikap/interest, meresponsi, menilai sikap, mengatur sikap, menginternalisasi           sikap
c.    Psikomotor : persepsi atas rangsangan, kesiapan bertindak secara fisik, respon yang terarah, respon yang  
mekanis, respon yang disadari
          Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengertian strategi dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika adalah strategi atau cara yang direncanakan oleh guru, berkenaan dengan segala persiapan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar dan tujuannya yang berupa hasil belajar bisa tercapai dengan optimal. Strategi belajar mengajar terdiri dari metode dan teknik yang akan menjamin siswa mencapai tujuan.
 
       B. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)
              Untuk memperoleh hasil belajar, salah satu pendekatan umum yang dapat digunakan adalah  
          pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). 
 
          Dari segi guru :
 
          A = Aktif, guru aktif :
 
ü  Memantau kegiatan siswa
ü  Memberikan umpan balik
ü  Mengajukan pertanyaan yang menantang
ü  Mempertanyakan gagasan siswa
          I = Inovatif, guru :
ü  Memberikan beberapa metode dalam kegiatan pembelajaran
ü  Dapat menciptakan suasana yang tidak membosankan
K = Kreatif, guru :
          ü  Mengembangkan kegiatan yang beragam
          ü  Membuat alat bantu belajar
E = Efektif, guru :
   ü  Mencapai tujuan pembelajaran
M = Menyenangkan, guru :
ü  Tidak membuat anak takut :
−        Takut salah
−        Takut ditertawakan
−        Takut dianggap sepele

 

          Dari segi siswa :
 
A = Aktif, siswa aktif :
ü  Bertanya
ü  Mengemukakan gagasan
ü  Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya
I = Inovatif,  siswa :
ü  Berfikir logis dan mencari materi dari berbagai sumber
K = Kreatif, siswa :
ü  Merancang atau membuat sesuatu
E = Efektif, siswa :
ü  Menguasai keterampilan yang diperlukan
M = Menyenangkan, siswa :
ü  Berani mencoba
ü  Berani bertanya
ü  Berani mengemukakan pendapat
ü  Berani mempeetanyakan gagasan orang lain

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s