ALAT PERAGA MATEMATIKA

Pemahaman konsep dalam matematika sangat ditekankan. Pembelajaran matematika tidak hanya bertumpu pada model. Bantuan penyajian materi berupa benda konkret sangat diperlukan. Benda konkret ini untuk selanjutnya kita sebut sebagai alat peraga. Sasaran alat peraga adalah bagaimana agar siswa mengerti dan memahami proses, bukan hasil akhir. Karena bahwasanya di dalam proses kegiatan belajar mengajar matematika tidak selamanya berjalan dengan lancar, ada kalanya guru mendapatkan kesulitan dalam menjelaskan kepada para siswanya mengenai materi matematika yang disampaikan. Hal itu disebabkan karena tidak semua materi matematika mudah dipahami oleh para siswa. 

Keberadaan alat peraga matematika bagi siswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam memahami konsep matematika. Alat peraga matematika diperlukan seorang pengajar dalam menyampaikan pelajaran matematika. Dengan demikian alat peraga merupakan media transfer pengetahuan dari pendidik kepada anak didik. Disamping itu alat peraga dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa dalam mempelajari matematika. Dengan adanya sikap siswa yang melihat dan mengalami secara langsung maka pembelajaran akan lebih membekas pada diri siswa, sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. 
 A. Peranan Alat Peraga Dalam Matematika
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru harus mampu menjelaskan konsep kepada siswanya. Usaha ini dapat di bantu dengan alat peraga matematika, karena dengan bantuan alat-alat tersebut, yang sesuai dengan topik yang di ajarkan, konsep akan dapat lebih mudah di pahami dengan jelas. Salah satu peranan alat peraga dalam matematika adalah meletakkan ide-ide dasar konsep. Dengan bantuan alat peraga yang sesuai, siswa dapat memahami ide-ide dasar yang melandasi sebuah konsep, mengetahui cara membuktikan suatu rumus atau teorema, dan dapat menarik suatu kesimpulan dari hasil pengamatannya.
Dengan bantuan alat peraga matematika, siswa akan semakin mudah memahami hubungan antara matematika dan lingkungan alam sekitar. Siswa akan semakin mudah memahami kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan, dengan adanya kesadaran seperti ini, mereka terdorong untuk mempelajari matematika lebih lanjut. Misalnya dengan penggunaan alat peraga dalam penjelasan konsep ruang berdimensi tiga, siswa akan semakin terlatih daya tilik ruangnya, sehingga pada akhirnya mampu menemukan atau menyadari hubungan antara matematika dengan lingkungan sekitar.
B.  Manfaat alat peraga dalam pengajaran matematika
Beberapa manfaat penggunaan alat peraga diantaranya adalah membantu guru dalam :
1.      Memberikan penjelasan konsep
2.      Merumuskan atau membentuk konsep
3.      Melatih siswa dalam keterampilan
4.      Memberi penguatan konsep pada siswa (reinforcement)
5.      Melatih siswa dalam pemecahan masalah
6.      Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitik
7.      Mendorong siswa untuk melakukan pengamatan terhadap suatu objek secara sendiri
8.      Melatih siswa untuk belajar menemukan suatu ide-ide baru dan relasinya dengan konsep-konsep yang telah diketahuinya.
9.      Melatih siswa dalam melakukan pengukuran
SUMBER:
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s